Buku Terbitan Gudang Ilmu

 photo IMG_0212copy_zps6a381fa2.jpg

 photo IMG_0214copy_zpseb9858c3.jpg

 photo IMG_0215copy_zpscd616fed.jpg

 photo IMG_0216copy_zpsab104ed5.jpg

 photo IMG_0218copy_zpse90c52a4.jpg

 photo IMG_0219copy_zps0cfa7aa0.jpg

Buku ini aku temukan kembali dalam karung berisi buku-buku sekolah yang sebagian isinya sudah dibikin rayap untuk huniannya. Memegang buku ini saya teringat kembali saat-saat menjadi anak sekolah dasar. Dalam buku tertera tahun 1994, buku disusun untuk siswa kelas 6 sekolah dasar.

Saya menjadi terpetik, hal-hal mendasar yang saya lakukan sekarang telah saya lakukan juga pada saat lampau, saat masih anak-anak. Saya masih ingat betul, bahwa saya membuat buku ini ada sebuah semangat untuk mempunyai penerbit buku he. he .he Di dalam buku tertera buku terbitan Gudang Ilmu dengan stempel yang saya buat dengan penghapus. Penghapus itu saya bentuk dengan pisau, menyerupai huruf G.I alias gudang ilmu.

Buku ini sejatinya ada 2, yang satu berwarna orange namun sudah raib entah kemana. Sayang sebenarnya, hal-hal seperti ini penting untuk didokumentasikan. Sebagian besar buku ini berisi catatan pelajaran ilmu pengetahuan sosial yang saya gemari. Catatan tulisan tangan yang saya bendel dengan buku pelajaran IPS, yang sudah terjawab berbagai soalnya. Kemudian saya jilid sendiri menggunakan kertas buffalo berwarna merah muda. Saya jilid dengan lem castol.  Kemudian cover buku saya tulisi huruf IPS besar dan belakang cover saya gambar kucing Garfiled dengan gelembung bertuliskan edisi perdana Gudang Ilmu. entah kenapa saya memberi nama Gudang Ilmu he.he.he Kemudian di dalam buku ada tulisan penyusun yang saya tulisi nama sendiri, yang di tandatangani dan di stempel.

Buku ini menjadi pengingat saya, bahwa sudah lama sekali saya melakukan apa yang dinamakan merancang cover dalam penerbitan buku. Di kemudian hari ketrampilan tersebut menjadi pekerjaan saya, yang kebetulan juga saya pelajari secara otodidak. Ketrampilan yang saya ikuti karena passion yang mengalir begitu saja.  Buku dirancang menarik selalu menjadi perhatian saya. Dan layak untuk didokumentasikan.

Komentar

Postingan Populer