Buku Perempuan Saja

 photo promobukuperempuanSaja_zpsa3c23d5e.jpg

 photo _MG_0613copy_zps8d52cf44.jpg

 photo _MG_0612copy_zpse14ea8e3.jpg

Naskah buku ini dikirim di suatu siang yang hangat. Dengan semangat dan gairah yang berluapan. Meski apa yang sedang saya ceritakan ini telah lewat di waktu yang lampau. Tapi kenangan ketika mengerjakan sebuah naskah kemudian mewujud menjadi sebuah buku masih terasa membekas. Buku tersebut kemudian dapat diraba, apalagi bisa dicerna mata setiap baris huruf yang tertata.

Ide sampul begitu saja terlontar. Seperti biasanya saya ikuti jalan normal dengan search di berbagai belahan data gambar di google engine. Beberapa lawan kawan ilustrator pun saya kunjungi untuk memantau berbagai kemungkinan daya ungkap visual. Bagaimanapun berhasilnya sebuah karya desain grafis dalam hal ini sampul buku bermula dari materi ilustrasi atau pun karya fotografi yang menjadi bahan. Untuk itu pun saya sering bersabar untuk membolak-balik laman.

Akhirnya saya tiba pada sebuah ide untuk mengeskplorasi materi ilutrasi berbahan cat air. Dengan pertimbangan, saat itu memang sedang tren ilustrasi buku menggunakan media cat air. Hal itu saya temukan ketika jalan-jalan di berbagai toko buku untuk menambah referensi dan memantau perkembangan industri buku dan trennya.

Tentu saja eksplorasi bermula dari judul buku yang berkenaan dengan dunia perempuan. Maka utuh dalam buku ini bercerita tentang dinamika perempuan dengan segala aspek permasalahannya. Sudah seharusnya ilustrasi dalam buku juga bernafaskan perempuan. Untuk itu pun sampul juga berwujud rupa perempuan.

Untuk merealisasikan gagasan tersebut saya mengontak bapak Sigit Santosa di Jakarta. Berkenalan dengan bapak Sigit bermula ketika saya meminta bantuan untuk ikut berpartisipasi di lembar SARBI. Kawan sepuh yang begitu piawai dan produktif berkarya dengan cat air tersebut seringkali memajang karya cat airnya yang berupa wajah-wajahnya perempuan yang kebanyakan mahasiswanya di laman facebook. Gayung bersambut bapak Sigit dengan senang hati menyodorkan beberapa karyanya untuk dijadikan sampul buku ini.

Entah kenapa saya pilih ilustrasi dengan muka semirip Marlyin Monroe tersebut. Meskipun ada beberapa ilustrasi yang dikirimkan. Saya tak dapat menjawab. Saya merasa ilustrasi ini cocok dan begitu memikat. Sentuhan otak kanan saya mengantar untuk segera men-touch ilusrasi tersebut menjadi sedikit kuning, hingga terasa bernuansa vintage. Kerapian-kerapian elemen tentu saja harus tepat untuk setiap elemennya. Sehingga sampul ini begitu sedap untuk dinikmati.

________________________________________________
PEREMPUAN SAJA!
Copyright Jack Parmin 2013
Cetakan Pertama September 2013
Sarbikita Publishing
Perum Sidokare Asri A5-17, Sidoarjo
www.sarbikita.blogspot.com
email : sarbikita@gmail.com

Penyunting : Heru Susanto
Penata Artistik : Ferdi Afrar
Tata Letak : Motogeni Studio

Hak Cipta dilindungi oleh Undang-undang.
Dilarang memperbanyak sebagian
atau seluruh isi buku ini tanpa izin tertulis dari Penerbit.

Perpustakaan Nasional: Katalog Dalam Terbitan (KDT)
Perempuan Saja!, Sekumpulan Cerita Pendek
Sidoarjo: Sarbikita Publishing, 2013
x + 168 hlm.; 13,5 cm x 19,5 cm
ISBN: 978-602-99880-7-9

Kulit muka karya Sigit Santosa, Gadis Galia, 2010, cat air di atas kertas.
Ilustrasi dalam hasil memotong, menambahkan,  dan menggabungkan
oleh Ferdi Afrar berdasarkan karya Gil­les­grimoin hlm 2, 60, 80, 92, 132.
Nicolasjolly hlm 12, 46, 104, 144. Andylloyd hlm 68. Thombolaa dan Lislie
Ragan hlm 26. Thombolaa dan Charlotte hlm 38. Andylloyd dan Nico­lasjolly hlm 118.
Andylloyd dan Edgar hlm 154 •



Komentar

Postingan Populer